Perbandingan Suzuki Karimun Wagon R Dengan Daihatsu Ayla Lengkap

Untuk Anda yang sedang mencari mobil berkualitas dengan harga terjangkau, maka Anda bisa memilih antara Suzuki Karimun dengan Daihatsu Ayla. Dua merek mobil ini memang sudah banyak diminati oleh masyarakat karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Namun ada perbandingan antara Suzuki Karimun Wagon R dengan daihatsu Ayla yang perlu Anda pahami.

Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R adalah dua pilihan produk dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan atau low cost green car. Dua mobil ini juga memiliki varian ramah lingkungan yang cukup banyak.

Berikut Perbandingan Antara Suzuki Wagon R Dengan Daihatsu Ayla

Suzuki Karimun dan Daihatsu Ayla hadir dengan banyak fitur serta teknologi canggih dengan tampilan yang menawan. Untuk menemukan mobil pilihan yang tepat, banyak diantaranya mereka yang membuat perbandingan Suzuki Karimun dengan Daihatsu Ayla.

Dari Sisi Eksterior

 

Suzuki Karimun Dan Daihatsu Ayla memiliki tampilan yang cukup terlihat menonjol. Untuk Ayla memiliki jarak poros roda yang lebih panjang, dan ini menunjukkan jika ini termasuk jenis mobil lebih pendek dan lebar. Lalu, untuk Karimun Wagon R ini juga terlihat lebih tinggi dan ramping.

Panjang body Ayla yaitu 3.600 mm, lebarnya 1.600 mm, lalu untuk ketinggiannya yaitu  1.520 mm. Sedangkan untuk Karimun Wagon R panjangnya yaitu 3.600, tinggi 1.670 mm, dan untuk lebarnya yaitu 1.475 mm. Sehingga, perbandingan interior Ayla lebih panjang bagian kabinnya. Meski demikian, Karimun Wagon R memiliki kelebihan dalam hal headroom.

Karimun Wagon R juga memiliki suspensi lebih nyaman jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Bahkan mobil ini memiliki kemampuan untuk menampung muatan lebih banyak dengan dimensi kabin yang lumayan tinggi. Wagon R juga mempunyai pilihan transmisi semi otomatis.

Desain kabin dari Suzuki Karimun ini lebih terasa lapang. Ruang kaki penumpang yang ada di kabin depan ekstra luas karena adanya model dashboard yang menggantung. Selanjutnya, ruang yang lapang juga bisa Anda jumpai di bangku kedua karena bisa dilipat menjadi rata.

Jika dilihat dari tampilan interiornya, Ayla juga terlihat lebih stylish dengan head unit layar sentuh dengan luas 7 inci yang lebih modern.

Daihatsu Ayla varian tertinggi sudah menggunakan sistem pengereman EBD dan ABS. Pengendara bisa menjadi lebih terbantu dengan adanya sistem pengereman ini, terutama ketika melalui medan yang licin.

Sudah cukup lama Suzuki Karimun Wagon R ini lama tidak melakukan pembaruan. Bodynya memang berbentuk kotak, akan tetapi lebih tinggi di bagian ruang kepala. Kemudian, Ayla juga banyak melakukan perubahan, salah satunya yaitu facelift yang memberikan tampilan lebih tampak lebih stylish.

Fitur Tersedia

 

Ruang kabin terasa lebih nyaman dengan adanya dimensi dan berbagai fitur-fitur yang disematkan di mobil ini. Baik dari Daihatsu Ayla atau Wagon semuanya sudah dilengkapi dengan alat keselamatan airbag. Namun pada Wagon R terdapat ruang kompartemen yang lebih banyak. Lebih menariknya lagi, jok penumpang depan dapat dibuka menjadi bagasi rahasia.

Sayangnya, Wagon R tidak terdapat fitur Eco Driving di panel indikator. Fitur ini sebenarnya bermanfaat untuk memantau gaya berkendara yang lebih efisien. Ayla sudah memiliki fasilitas power window, lalu untuk Wagon R fitur ini hanya berlaku untuk penumpang yang bagian depan saja. Sedangkan yang belakang masih membuka dan menutup kaca dengan cara manual.

Walaupun dua mobil ini semuanya sudah disematkan fitur head unit yang mempunyai sistem audio USB serta AUX, namun Daihatsu Ayla dinilai lebih unggul. Hal ini disebabkan karena jumlah speakernya lebih banyak jika dibandingkan dengan Wagon R.

Perbandingan Suzuki Karimun Wagon R dengan Daihatsu Ayla di bagian fitur ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda memilih mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mesin dan Tenaga Mobil

 

Kedua mobil ini memiliki kapasitas mesin yang sama, yakni 1.000 cc. Daihatsu Ayla menggunakan mesin D26F 1KR-DE yang dibagi dalam 3 silinder, dengan kapasitas 988 cc. Untuk putaran mesin 6.000 rpm dengan tenaga maksimum yaitu 88 PS.

Ayla juga menyuguhkan dua opsi mesin, yang pertama 1.0L dengan tenaga 65 PS memakai torsi maksimal 86 Nm. Selanjutnya mesin 1.2L bertenaga 88 S serta torsi puncak 108 Nm. Tenaga mobil ini terbilang cukup mumpuni dan handal untuk digunakan berkeliling kota.

Karimun Wagon R juga menggunakan mesin yang memiliki kapasitas 1.000 cc dengan dukungan 3 silinder. Selanjutnya, untuk pilihan transmisinya manual 5 percepatan. Kemudian Karimun Wagon R juga bertenaga 68 PS dengan torsi 90 Nm.

Jika dilihat dari mesin dan tenaga mobilnya, bisa disimpulkan jika tenaga Ayla ini lebih besar. Lain halnya dengan model Ayla, Suzuki Karimun Wagon R ini juga meluncurkan produknya dengan bentuk yang sudah identik dengan Karimun, yaitu bentuk kotak.

Mengenai masalah bahan bakar, Suzuki Karimun Wagon R dinilai lebih irit jika dibandingkan dengan Ayla. Akan tetapi, perbedaan keduanya cukup tipis, sebab semua itu tentunya disesuaikan dari jenis bahan bakar yang digunakan dan juga berapa berat muatan kendaraan tersebut.

Kisaran Harga

 

Baik Suzuki Karimun Wagon R atau Daihatsu Ayla, keduanya sama-sama menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk Anda.  Namun, untuk penawaran yang lebih murah yaitu pada Daihatsu Ayla dengan tipenya yang paling rendah.

Banyak sekali masyarakat yang mencari mobil low cost green car atau LCGC ini, karena harganya sangat ramah di kantong. Jenis kendaraan ini memiliki kapasitas mesin kecil dan perakitannya juga dilakukan secara lokal.

Komponen lokal yang cukup tinggi bisa menjadikannya lebih murah untuk biaya produksinya. Tak hanya memiliki harga yang lebih terjangkau, perawatan jenis mobil ini juga terbilang cukup murah.

Untuk saat ini, Daihatsu Ayla memiliki sebanyak 12 varian tipe. Dari 12 varian tersebut, secara garis besar jenis-jenisnya dibedakan menurut mesin serta sistem transmisinya saja. Kisaran harga mobil ini kurang lebih mulai 100 an juta rupiah sampai dengan 160 juta rupiah.

Sedangkan untuk mobil Suzuki Karimun Wagon R mulai dari tipe terendah yaitu varian GA, GL, sampai dengan GS mempunyai harga mulai dari Rp 120 juta sampai dengan Rp 160 juta.

Suzuki Karimun Wagon R hadir dengan membawa beberapa pilihan warna yang cantik. Diantaranya yaitu cool black, radiant red, burgundy red, dan tak kalah cantik ada juga warna graphite grey.

Sedangkan untuk Daihatsu Ayla memiliki 7 varian warna yang cantik juga. Diantaranya yaitu warna Black Solid, Silver Metallic, Orange Metallic, White Solid, Solid Red, Dark Grey Metallic, juga Yellow Metallic. Dengan banyaknya pilihan warna pada mobil ini, maka Anda lebih mudah memilih mana warna mobil yang Anda sukai.

Jika dilihat dari perbandingan Suzuki Karimun Wagon R dengan Daihatsu Ayla, dua mobil ini sama-sama hadir dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Semuanya bisa Anda jadikan sebagai kendaraan yang nyaman untuk Anda dan keluarga. Untuk keawetannya harus diiringi dengan perawatan yang baik, benar, dan konsisten.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?