Menatap Pancaran Lampu LED Mazda CX-9

Mazda

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Mazda tak cuma menyajikan gaya desain menarik pada sejumlah model terbarunya, tapi juga tak pelit dalam memberikan fitur canggih sebagai peranti standar.

Salah satu fitur kelas atas yang ditawarkan sebagai peranti standar adalah pencahayaan dengan lampu LED berteknologi tinggi. Lampu jenis ini menjanjikan pencahayaan yang lebih terang, meningkatkan visibilitas dan pendistribusian cahaya yang lebih baik.

Untuk teknologi pencahayaan ini, Mazda pantas berbangga karena model terbarunya Mazda CX-9 menjadi satu-satunya SUV medium tiga baris tempat duduk yang mengadopsi fitur lampu LED sebagai perlengkapan standar di kelasnya.

Dalam hal efisiensi, lampu dekat pada New CX-9 menghasilkan 900 lumen per unit, atau sekitar dua kali lebih banyak dari yang dihasilkan lampu jenis halogen. Hasilnya, cahaya yang dihasilkan lampu LED lebih terang 35% dibandingkan dengan lampu halogen standar, dan juga sekitar 10% lebih jauh pancaran sinarnya ketimbang lampu Xenon HID.

“Dari perspektif desain, lampu LED memungkinkan desain rumah lampu yang lebih ramping, sehingga dapat memberikan kesan tajam dan agresif pada tampilan depan kendaraan,”¬†kata direktur desain Mazda, Julien Montousse, seperti dikutip Carscoops.

Untuk generasi baru Mazda CX-9, penggunaan lampu LED juga menyasar lampu belakang. Dengan begitu, nyala lampu akan lebih cepat ketimbang bohlam halogen biasa. Ini penting untuk lampu rem, sehingga pengemudi di belakang akan lebih cepat mengantisipasi dalam situasi darurat, seperti saat pengereman mendadak, sehingga dapat meminimalkan risiko terjadi kecelakaan.

Selain itu, nyala lampu LED lebih dingin dibandingkan dengan lampu halogen atau xenon, sehingga akan lebih awet dan tak gampang merusak reflektor pada rumah lampu.

Khusus untuk Mazda CX-9, menurut Montousse, penggunaan lampu LED untuk lampu utama dan lampu belakang bukan hanya demi memudahkan dalam hal desain, melainkan juga demi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengendaranya.

Saat ini model global Mazda CX-9 2016 baru dipasarkan di AS dan Kanada dengan banderol harga mulai dari $31.520 atau sekitar Rp428 juta. Kabarnya mobil ini juga akan dipasarkan di Australia pada bulan Juni ini. Lantas kapan mobil andalan Mazda ini hadir di Indonesia? Kita tunggu saja kabar selanjutnya. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here