Ford EcoSport Facelift Mulai Diuji, Ini Spesifikasinya

Stefan Baldauf/SB-Medien

RAJAMOBIL.COM, Sao Paulo – Ford saat ini tengah menyiapkan versi facelift dari crossover EcoSport yang akan menjadi model 2017. Kesan pertama dari model anyar ini adalah gaya desainnya yang lebih agresif dan sporty ketimbang model lawas.

Rencananya, Ford akan memperkenalkan EcoSport 2017 kepada khalayak Amerika Selatan di ajang Sao Paulo Auto Show pada November mendatang. Autoevolution melansir, Prototipe EcoSport 2017 sudah menjalani pengujian di wilayah Amerika Latin.

Dari sejumlah foto yang diabadikan Stefan Baldauf/SB-Medien, tampak ban serep masih menempel di pintu belakang crossover kompak ini. Belum tahu apakah versi produksinya akan mengadopsi ban serep di belakang atau tidak, karena untuk versi Eropa ban cadangannya sudah dilepas dari pintu belakang.

Untuk pasar Eropa, Ford EcoSport facelift akan diproduksi di pabrik Craiova, Romania. Dengan demikian, pabrik Ford di Chennai, India, akan dikurangi volume produksinya sehingga hanya fokus untuk kebutuhan domestik dan pasar sekitarnya.

Ketika kita memandangi bagian depan EcoSport facelift lebih seksama, terutama bagian gril, Anda pasti setuju bahwa desainnya mirip dengan moncong SUV Ford Edge, yang notabene adalah kakaknya. Desain lampu depannya juga berbeda dibandingkan model lama, seperti juga bentuk bumper depan. Sementara bagian belakagnya juga mengalami ubahan, terutama desain grafis lampu dan bumpernya.

Ubahan besar dilakukan pada bagian kabin, terutama bentuk setirnya yang kini model three-spoke alias tiga palang. Kemudian ada sistem infotainment SYNC 2, panel instrumen yang sudah diperbarui, begitu juga dengan tombol pengatur AC dan lubang ventilasi AC kini berbentuk persegi.

Namun demikian, dari sisi dapur pacu sepertinya tak ada perubahan berarti. Di Eropa, EcoSport masih akan menggendong mesin 1.0 EcoBoost, 1.5 TDCi, dan 1.5 Ti-VCT.

Belum diketahui pasti apakah Ford akan membekali EcoSport facelift dengan sistem all-wheel-drive atau tidak. Padahal, platform global Ford B-car sudah bisa menggunakan sistem AWD, bahkan sistem ini sudah dipakai pada EcoSport versi Jepang.

Untuk konsumen Benua Biru, pemesanan Ford EcoSport facelift akan dibuka mulai awal tahun depan. Dan jika ada permintaan di Amerika, maka Ford juga akan mengirim EcoSport ke negeri induknya itu sebagai model 2018. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Ford? Segera dapatkan penawaran nya disini.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here