RAJAMOBIL.COM, Jakarta – All new Ertiga hadir dengan menggusung konsep AMIN, yang artinya Aman, Mewah, Irit dan Nyaman. Mobil ini diklaim PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ideal digunakan oleh keluarga tanah air karena berbagai keunggulannya. Salah satunya ialah tingkat konsumsi bahan bakarnya yang terbilang rendah.

Untuk membuktikan, PT SIS mengajak awak media untuk menjajal handling, performa, kenyamanan serta konsumsi bahan bakar produk di kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV) ini. Rute yang dipilih mulai dari Cikarang hingga Cirebon. Total menempuh jarak 184 km.

Baca juga : All New Ertiga Mendominasi Ekspor Kendaraan Suzuki Ke 23 Negara

All New Ertiga

Bicara kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti head unit layar sentuh yang dapat terkoneksi AM/FM, Bluetooth dan lainnya. Ada juga air condioner (AC) serta berbagai lainnya. Untuk handling, mesin dengan kode K15B berkapasitas 1.462 cc terbilang responsif.

Mobil ini mampu melaju stabil dalam kecepatan rendah maupun tinggi. Sedangkan untuk handling serta bodi roll juga tidak terlalu terasa. Namun harus di akui, dengan bodi yang terbilang besar, tetap terasa limbung saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Untuk pengujian konsumsi bahan bakar, Suzuki menggunakan metode full to full. Artinya mobil akan diisi penuh hingga luber dan akan diisi kembali saat di garis finis. Sementara pengujinya merupakan awak media nasional, termaksud redaksi Rajamobil.com. Lantas bagaimana dengan hasilnya?

Baca juga : Suzuki Umumkan Stop Untuk Jualan Baleno dan Celerio

Bisa kami katakan luar biasa. Bagaimana tidak, konsumsi bahan bakar All new Ertiga transmisi manual yang saat itu di tes hanya memerlukan 5,5 liter bensin untuk melaju sejauh 184 km. Artinya setiap liter bahan bakar, All New Ertiga ini mampu melaju sejauh 33,45 km. Bagaimana dengan hasil pengujian All New Ertiga matik. Tidak jauh berbeda, untuk model satu ini konsumsi bahan bakarnya mencapai 29,67 km/liter.

Padahal, pihak panitia memastikan para penguji tetap menghidupkan AC selama perjalanan. Bahkan posisi blower berada di tingkat kedua baik dibaris depan maupun kedua. Hal ini untuk memastikan ruang kabin terasa dingin. Ini juga untuk menerapkan bagaimana mobil ini digunakan untuk sehari-hari.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here